Jumat, 09 Maret 2012

10 Tambang Terbesar di Dunia

10 Tambang Terbesar di Dunia

1. Kalgoorlie Super Pit (Australia) 

Kalgoorlie Super Pit, pertama kali ditemukan emas di sini pada tahun 1893, dan ini kawah raksasa di Australia Barat sekarang benua yang terbesar yang membentang tambang emas terbuka di sepanjang 3,5 km, lebar 1,5 km dan 360 m dalamnya. Diperkirakan 2017 berhenti produktifitasnya.




















2. The Big Hole (Afrika Selatan)
 

Lubang Besar di Kimberly, Afrika Selatan, dikatakan terbesar lubang digali dengan tangan. Sementara itu ditutup pada tahun 1914, selama masa produktif selama 43 tahun.Diperkirakan ada 50.000 pekerja mereka hanya menggunakan picks dan sekop untuk menggali 22.500.000 ton tanah, menghasilkan hampir 3 ton berlian...

















3. Diavik Diamond Mine (Canada)

Diavik Diamond Mine terletak di Slave Kanada Wilayah Utara Ini merupakan tambang dibiarkan terbuka.Mengekploitasi sebuah pulau 220 km persegi dari Lingkaran Kutub Utara, Daerah ini sangat luas untuk menampung Boeing 747 saja memungkinkan. Dengan rentang umur produktifitas16-22 tahun, diperkirakan kawah tersebut telah menghasilkan 8.000.000 karat (1600 kg) berlian setahun..

















4 . Bingham Canyon Mine, USA

Bingham Canyon Mine di Utah, lubang buatan manusia terbesar di dunia. Tambang raksasa ini ukuran 4 km lebar dengan kedalaman Km 1,2 ke dalam tanah, hasil ekstraksi dimulai pada 1863. Menghasilkan lebih dari 17 juta ton tembaga dan 715 ton emas. 
















5. Mirny Diamond Mine, Russia

Siberia's Diamond. Tambang berlian terbesar terbuka di dunia, ini rakasa Rusia memiliki diameter permukaan 1,2 km dan 525 m dalam. Ukuran lubang adalah sedemikian rupa sehingga arus angin di dalam menyebabkan downdraft yang mengakibatkan helikopter dapat ditarik karena turbulensi. Saat ini menjadi zona terlarang untuk penerbangan. 


















6. Ekati Diamond Mine, (Canada)

Ekati Diamond Mine adalah tambang intan komersial pertama di Amerika Utara - setelah dibuka pada tahun 1998 - dan mereka yang masih terpesona oleh demam berlian tidak diragukan lagi buru-buru berharap tidak akan menjadi yang terakhir. Ini sebenarnya hanya sebagian batu dari Tambang Diavic hanya 20 km lebih dekat ke Antartika.Tempat ini dipastikan lebih dingin dan cocok untuk hidup penguin. 
















7. Chuquicamata, Chile

Chuquicamata di Chili adalah raksasa tambang yang menghasilkan total catatan dari 29 juta ton tembaga. Meskipun hampir 100 tahun eksploitasi intensif, tetap merupakan sumber daya terbesar tembaga di dunia, dan kawah terbuka ini adalah salah satu yang terbesar didunia ukuranya mencapai 4,3 km panjang, 3 km lebar dan lebih 850 m dalamnya. 


















8. Escondida, Chile

He Minera Escondida Pertambangan. Konstruksi dimulai tahun 1990, dan ekploitasi ini baru-baru ini melampaui Chuquicamata sebagai penghasil tembaga terbesar tahunan di dunia, dengan 2.007 hasil tambang, dari 1.480.000 ton senilai US $ 10120000000. 
















9. Udachnaya Diamond Mine, Russia

Seperti Pit Sarlacc pada Linux, Tambang Udachnaya di Rusia adalah kawah buatan terbuka merupakan tambang berlian raksasa dengan kedalaman 600 meter ke dalam kerak bumi. Terletak di Rusia yang luas namun berpenduduk jarang Republik Sakha, tepat di luar lingkaran Arktik, tampaknya penambangan untuk batu-batu berharga masih tetap berjalan. 
















10. Grasberg Mine, INDONESIA

Dibuka pada tahun 1973, di Indonesia Tambang Grasberg adalah emas terbesar di dunia tambang dan tambang tembaga ketiga terbesar. Industri ini merusak pemandangan di pegunungan Papua mempekerjakan 19.500 pekerja mengejutkan. Tetapi secara mayoritas sahamnya dimiliki oleh perusahaan AS (Freeport) . Sayang sekali bukan punya orang indonesia.

















sumber : http://www.dunia-unik.com/2010/09/10-tambang-terbesar-di-dunia.html

Senin, 05 Maret 2012

Perbedaan Antara Mobil Matic Dengan Mobil Manual

Cara pengoperasiannya :
Matic anda tinggal injak pedal gas atau injak rem , hanya dengan satu kaki yakni kaki kanan , jangan sekali-kali menggunakan dua kaki seperti mobil manual. Pada mobil dengan trarnsmisi manual , kedua kaki anda aktif, kaki kiri untuk menginjak pedal kopling, kaki kanan untuk menginjak rem atau gas.
Jadi pada mobil matic, kaki kiri anda bebas sama sekali, sedang tangan kiri anda juga bebas , kecuali anda mundur , parkir, dan pertama kali bergerak maju.
Sistem kerja dari versnelling maticSistem kerja dari versnelling  manual
Sistem kerja dari versnelling matic dan manual, ada beberapa perbedaan , tetapi yang inti adalah pada sistem matic perpindahan gigi diatur oleh ECU ( sistem matic sekarang yg sudah canggih)
Matic atau Transmisi kecepatan automatic , fungsi kecepatan putaran disesuaikan secara automatic dengan putaran mesin atau di jalan menurun dengan putaran mesin rendah , oleh karena ada gaya dorong dari berat kendaraan sehingga akan terjadi percepatan secara automatic. Manual atau Transmisi , Fungsi kecepatan kendaraan disesuaikan dengan putaran mesin dan diatur secara manual dan bertahap , pada jalan menurun dengan putaran mesin rendah transmisi manual dapat menjadi alat bantu pengereman atau menahan laju kenderaan. Kenderaan matic simple dan pemakaian kampas rem agak berlebih , hati-hati pada jalan licin dan berlumpur.
Perbedaan yang paling jelas adalah:
Mobil matic merubah rasio transmisi daya dari mesin menuju ke roda secara otomatis
Mobil matic merubah rasio transmisi daya dari mesin menuju ke roda secara otomatis untuk meningkatkan kenyamanan pengemudi maupun penumpang. sedangkan Mobil manual memungkinkan pengemudinya untuk mengatur sendiri rasio putaran mesin terhadap roda untuk mendapatkan laju mobil yang diinginkan.
Berikut penjelasan singkatnya:
Pada mobil matic, perpindahan rasio transmisi dikerjakan oleh sistem robotik
Pada mobil matic, perpindahan rasio transmisi dikerjakan oleh sistem robotik dengan memperhitungkan berbagai parameter. diantaranya, putaran mesin, pijakan pedal gas, kecepatan, dan parameter yang lainnya. jadi, pengemudi tidak lagi diributkan dengan takometer, speedometer, pedal kopling dan 4 hingga 6 tingkat percepatan saat melaju di jalanan. pengemudi hanya perlu memindahkan tuas trasnsmisi pada posisi ‘D’ dan injak pedal gas sejak mobil berhenti hingga kecepatan maksimal dari mobil tersebut.
Pada mobil manual, rasio perbandingan putaran antara mesin dan roda diatur oleh barisan roda gigi
Pada mobil manual, rasio perbandingan putaran antara mesin dan roda diatur oleh barisan roda gigi yang memiliki rasio berbeda-beda didalam sebuah box transmisi. dari dalam transmisi tersebut, terdapat tuas yang biasa anda gerakkan ketika anda ingin menambah gigi untuk mendapatkan rasio yang lebih berat saat berakselerasi. tuas tersebut mengatur pasangan roda gigi mana yang digunakan pada tiap-tiap tingkat percepatan yang dipilih oleh pengemudi. jadi pengemudi harus berkonsentrasi pada putaran mesin dan memindahkan gigi transmisi disaat yang tepat untuk melakukan akselerasi mulai berhenti hingga kecepatan yang diinginkan. Itulah perbedaan mendasar pada mobil manual dan mobil matic.
Tambahan:
Nissan GT-R adalah Contoh mobil dengan transmisi semi otomatis
Ada juga sistem transmisi semi otomatis. dimana perpindahan gigi dilakukan oleh aktuator robotik. akan tetapi pemilihan percepatan tetap diserahkan pada pengemudi. Dengan demikian perpindahan rasio dapat terjadi dengan cepat dan halus, akan tetapi performa mesin masih dapat dikail hingga RPM mesin yang diinginkan dengan memilih tingkatan rasio secara manual.
Contoh mobil dengan transmisi semi otomatis:
- Nissan GT-R
- Mitsubishi Lancer Evolution X
Mitsubishi Lancer Evolution X adalah Contoh mobil dengan transmisi semi otomatis
mobil matic tidak ada pedal clutch karena itu kaki kiri kita tidak perlu menginjak. ini sangat membantu orang yang cacat atau lumpuh sebelah kaki (terutama kaki kiri, untuk stir kanan).sedangkan mobil manual harus menggunakan kedua kaki, yakni kaki kiri untuk injak pedal clutch dan kaki kanan injak pedal gas atau rem.untuk persnelling mobil matic bekerja secara otomatis pada setiap pencapaian kecepatan dan pengoperasiannya hanya mengikuti kondisi jalan.Sedangkan mobil manual menggerakkan persnelling diikuti penginjakan pedal clutch.
Mobil manual menggunakan sistem transmisi yang digerakan oleh manusia
Mobil manual menggunakan sistem transmisi yang digerakan oleh manusia. Jadi manusia sebagai sumber utama penggerak transmisi. Mobil matic menggunakan sistem transmisi matic yang digerakan otomatis oleh mesin itu sendiri. Jadi didalam mesin mobil tsb sistem kopling dan transmisi bekerja otomatis karena ada komponen yang jumlahnya lumaya banyak yaitu sbb :
1. Torque Konverter
2. Stator
3. Turbine
4. Manual shift linkage
5. valve body
6. oli ATF
7. clutch
8. gir planetary (CVT)
9. DLL…
kalau mobil manual sistem transmisinya sedikit :
1. rumah kopling
2. kampas kopling
3. plat kopling
4. dll…

FCX-5000

Alat Hemat BBM Mobil tipe Femax Xtra atau FCX-5000
I.Penjelasan Teknis:
Hasil riset terbaru anak bangsa, pengembangan penelitian penghematan terhadap hidrokarbon sejak 1997 dengan teknologi fuel saver ( magnetism) dan electrict heater. Melalui kombinasi sistem resonansi magnetism dan electrict preheater ( DC ACCU) mampu menghemat pemakaian BBM hingga 35% .
Melalui prinsip kerja merekayasa reaksi fisika terhadap perlakukan molekul kimia bahan bakar menjadi lebih reaktif, dengan menambah kecepatan putar elektron kimia bahan bakar melalui resonansi magnet permanen serta proses pemanasan dan ionisasi melalui traetment preheater. BBM menjadi kualitas tinggi, pembakaran lebih sempurna/ hemat.
II. Cara pemasangan:
Alat dipasang pada saluran pasokan BBM menuju karburator atau pompa injeksi mesin bakar dalam. Memberi efek positif terhadap mesin disamping menghemat BBM, juga menambah akselerasi, getaran lebih halus, nosel burner lebih bersih, asap ( emisi gas) lebih pekat, saringan oli tidak cepat kotor dan kenaikan suhu dalam boiler relatif lebih cepat.
III. Spesifikasi :
Tipe FCX-5000 atau Femax Mobil Xtra. Harga Rp.360.000, – ( belum termasuk bea kirim) . Mesin Karburator > 2000cc, untuk kendaraan BBM solar/ bensin, bentuk silinder terlapisi metal crom, berlabel Femax, Barcode produk, terdapat 2 kabel, yaitu kabel positip ( + ) dihubungkan pada dynamo wiper ( jangan langsung ke Aki/ ACCU) dan kabel negatip ( -) dihubungkan ke body kendaraan. Alat ini selain berteknologi magnetic juga terdapat pre-heater ( konsep Magnetism Plus Electric Heater) , yaitu dengan konsep penghematan secara kimia/ fisika yang dapat menghemat BBM 30 s/ d 35% ( tergantung kondisi mesin & karakter pengemudi) . Ukuran produk : P: 13, 5
L : 8, 5 X: 3, berat: 3 grm.
IV. Kendaraan yang sesuai :
Kendaraan dengan Panter, Kuda, Innova, Taruna, Escudo, L 300, APV, Trajet, Jazz, Kijang ( untuk merk kendaraan lain bisa dikonsultasikan) .
VII: Konsep analisis :
Didasari penemuan konsep pengaruh medan magnet terhadap molekul hidrokarbon, dirancanglah alat peningkat kualitas BBM/ Qualitifier fuel, Femax fuel saver mentreatment BBM secara fisika yaitu melewatkan BBM dalam medan induksi magnet, tanpa memberi aditif/ mencampur BBM dengan bahan kimia. Sehingga aman untuk mesin. Prinsip kerja Femax fuel saver adalah dengan meresonansi molekul hidrokarbon BBM dengan induksi tolak menolak medan magnet sehingga kualitas bensin lebih baik dan menghasilkan pembakaran lebih sempurna. Hal ini terjadi karena Femax fuel saver mampu menggetarkan ikatan kimia rantai atom hidrokarbon dalam senyawa BBM sehingga menjadi lebih reaktif ( mudah terbakar) . Sehingga menghasilkan 10 manfaat positif.
VIII. Manfaat :
1.Meningkatkan performa mesin
2.Meningkatkan efisiensi mesin
3.Meningkatkan akselerasi
4.Mesin awet muda
5.Menghemat konsumsi BBM s/ d 35%
6.Mengurangi emisi gas buang s/ d 60%
7.Menghaluskan suara dan getaran
8.Ruang bakar bersih dari kerak karbon
9.Mudah di rangkai
10.Tidak ada efek negatif terhadap mesin
Tes Uji Tabloid Otomotif terbukti terhemat 21, 58% tertinggi diantara produk sejenis ( produk impor) dengan harga paling ekonomis.
IX. Cara Pemasangan Femax Mesin Bensin:
1. Lepas clamp selang bensin pada pompa bensin dan karburator, kemudian lepas selang tersebut.
2. Pasang femax combo di antara pompa bensin dan karburator ( in-out sama saja) .
3.Chek terminal positif pada socket catu motor wiper.
4. Sambungkan terminal positif femax combo dengan terminal positif catu motor wiper dan negatif pada body kendaraan.
5. Periksa kerja femax combo dengan memutar KK pada posisi IG.Pastikan lampu indikator femax nyala.
( dalam brosur produk ada petunjuk pemasangan, semua mekanik bengkel bisa menangani)